INIKAH SURABAYA..?


"..Surabaya..oh Surabaya...Surabaya.."

Itulah sedikit bait dari lagu Surabaya yang sangat dibanggakan oleh warga Surabaya.

Malam ini, sepulangnya aku dari mencari sedikit sesuap nasi untuk memperpanjang nafas hidupku di ala mini, mataku tiba-tiba terperanjak pada pojok yang terletak tepat di depan pintu keluar terminal Purabaya, Surabaya sebelah timur, yaitu untuk keberangkatan bus menuju solo, jogja, semarang dan sekitarnya. Ingin rasanya tertawa karena lucu, ingin rasanya meneteskan air mata karena pilu melihatnya.

Sebenarnya apa yang membuat saya punya perasaan seperti itu?

Ada 3 orang yang menenteng tas besar, kelihatannya mereka memang berasal dari daerah yang berniat datang ke kota Surabaya untuk mengais rejeki untuk menghidupi diri dan keluarganya. Salah seorang diantaranya bertanya kepada sopir lent kuning yang saya juga sedang di dalamnya, “ke JMP, pak?”. “oh,,enggak mas. Tapi kalau mau ke sana bias pakai lent ini trus nanti oper di joyoboyo..” jawab sopir lent itu seraya merayu.

Setelah beberapa lama berpikir akhirnya mereka bertiga naik lent tersebut. Tapi selanjutnya aku tak tahu bagaimana akhirnya, karena aku harus turun di kampus IAIN tercinta.

Setelah melihat hal itu, lantas dalam benakku muncul pikiran, andai saja itu aku. Atau mungkin beberapa tahun lalu ketika kali pertama aku dating ke kota pahlawan ini.
Dalam hati, aku hanya bertanya “INIKAH SURABAYA..?”…pertanyaan itu selalu muncul tiap kali aku menemui hal baru di kota seribu kipas ini (karena panasnya).

3 komentar:

  Anonim

Sabtu, Januari 10, 2009 11:57:00 AM

salamun alaikum
mabruk mun, selamat berkarya

  Anonim

Rabu, Januari 14, 2009 7:27:00 AM

ngapuuuusiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii......

  Anonim

Kamis, Januari 15, 2009 6:59:00 AM

Ya iya lah...kan SUROBOYO...!
Salam kenal...